Rabu, 13 Januari 2016

Rangkuman Permasalahan dan Jawaban Dapodik PAUD DIKMAS Semester Ganjil

Salam Sejahtera – Malam ini saya akan merangkum seputar pertanyaan pada permasalahan Dapodik PAUD DIKMAS Semester Ganjil, saya harap Pertanyaan dan Jawaban ini membawa sebuah movifasi untuk meningkatkan pendataan pada Semester Genap yang akan mendatang.

Mungkin kita bingung dengan adanya Apliksi Dapodik PAUD-DIKMAS, bahkan pertanyaan bermunculan, tapi tenang sobat di sini saya akan merangkum Pertanyaan dan Jawaban Seputar Permasalahan Dapodik PAUD-DIKMAS silahkan simak dan pahami di bawah ini :

Pertanyaan : Dimana bisa mendownload aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS …??
Jawab : Website resmi DAPODIK PAUD-DIKMAS http://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/

Pertanyaan : Apakah aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS bisa dijalankan tanpa koneksi internet?
Jawab : Bisa ..!! Aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS hanya membutuhkan koneksi internet pada saat Registrasi dan Sinkronisasi.

Pertanyaan : Bagaimana lembaga saya bisa mendapatkan kode registrasi …???
Jawab : Hubungi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

Pertanyaan : Apa syaratnya memiliki Kode Registrasi …???
Jawab : Punya NPSN yang terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/

Pertanyaan : Saya sudah punya NPSN tapi kenapa tidak terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/ ?
Jawab : Mungkin masuk Residu/Perlu Konfirmasi. Kontak Dinas Pendidikan Setempat, mohon agar lembaga yang tidak terdaftar tersebut NPSN nya dikonfirmasi/diaktifkan melalui Aplikasi Verval SP PDSP.

Pertanyaan : Saya sudah punya NPSN tapi tidak terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id juga tidak terdapat di Verval SP. Apa yang harus dilakukan?
Jawab : Coba kontak PDSP-K http://pdsp.kemdikbud.go.id/?cont=kontak atau Coba join ke Grup Helpdesk NPSN https://www.facebook.com/groups/489326791107449/ dan bertanya disana

Pertanyaan : Aplikasi yang digunakan sekarang versi terakhirnya berapa …??
Jawab : Aplikasi 1.1.4, digunakan pada Semester Ganjil

Pertanyaan : Apa bedanya registrasi online dan offline
Jawab : Registrasi online dilakukan di komputer yang terhubung dengan internet, Registrasi offline dilakukan di komputer yang tidak terhubung dengan internet, sebelum melakukan registrasi offline lembaga wajib memiliki kode registrasi dan file prefill yang diunduh dari Aplikasi manajemen di bagian Manajemen Prefill dan Data ==> Unduh prefill http://118.98.233.177:616/#/laman/prefill

Pertanyaan : Apakah aplikasinya bisa untuk mengentry banyak lembaga di satu laptop?
Jawab : Bisa. Registrasikan lembaga pertama, keluar, registrasikan lembaga kedua, keluar registrasikan lembaga ketika dan seterusnya.

Pertanyaan : Apakah boleh sinkron berkali-kali ..??
Jawab : Boleh.

Pertanyaan : Apa bedanya sinkronisasi online dan offline ..??
Jawab : Sinkronisasi online dilakukan di komputer yang terhubung dengan internet, Sinkronisasi offline dilakukan di komputer yang tidak terhubung dengan internet, setelah melakukan validasi -> sinkronisasi di komputer yang offline, Aplikasi akan mengunduh file backup yang kemudian diupload di komputer yang terhubung internet melalui aplikasi Manajemen di bagian Manajemen Prefill dan Data -> Upload Data http://118.98.233.177:616/#/laman/upload

Pertanyaan : Dimana bisa mengecek status sinkronisasi …?
Jawab : Cek status sinkronisasi aplikasi manajemen, bagian Daftar Pengiriman http://118.98.233.177:616/#/laman/daftar_pengiriman

Pertanyaan : Kalau saya jalankan update patch pada Aplikasi Mendatang, apakah data saya akan hilang?
Jawab : Tidak. Patch cuma memperbaiki aplikasi dan tidak menyentuh data.

Pertanyaan : Sinkronisasi saya statusnya "Diterima" apa artinya?
Jawab : Arti Status sinkronisasi adalah sebagai berikut
Diterima (Hijau):
Data sudah terkirim ke server dan siap untuk masuk antrian proses memasukkan ke database pusat
Proses (Ungu):
Data sedang diproses untuk masuk ke database pusat Selesai (Biru): Data sukses diproses dan sudah masuk ke database pusat.
Selesai * (Oranye):
Data sukses diproses dan sudah masuk ke database pusat, dalam pemrosesan terdapat pembersihan data.
Gagal Proses (Merah):
Data gagal diproses masuk ke database pusat.

Pertanyaan : Kalau statusnya Selesai, apa berarti datanya belum aman?
Jawab : Datanya sudah aman diproses ke database pusat, ada pembersihan data, tapi dilakukan secara otomatis, operator tidak perlu melakukan apapun.

Pertanyaan : Saya sudah registrasi tapi kenapa tidak bisa masuk ke aplikasi manajemen?
Jawab : Kalau registrasinya dilakukan secara offline, maka akunnya tidak akan terhubung dengan aplikasi manajemen, agar bisa login ke aplikasi manajemen, silahkan lakukan registrasi offline dengan menggunakan kode registrasi lembaga tersebut.

Pertanyaan : Saya sudah sinkron, tapi ketika cek ke Aplikasi Manajemen data Peserta Didik dan PTK nya belum masuk. Kenapa?
Jawab : Biasanya karena Peserta Didiknya belum dimasukkan ke Rombongan Belajar dan PTK nya belum diberi penugasan.

Pertanyaan : Dimanakah saya mendaftarkan diri saya sebagai Operator di PDSP ..??
Jawab : Silahkan Registrasi di alamat http://sdm.data.kemdikbud.go.id/

Pertanyaan : Apakah penting Operator Dapodik PAUD mendaftar di sana ..??
Jawab : Jika Kita melihat OPS Dapodikdasmes sangat dianjurkan tuk mendaftarkan disana, maka keberadaan OPS Dapodik PAUD DIkmas sangat disaranakan.

Pertanyaan : Apa kegunaan OPS registrasi di http://sdm.data.kemdikbud.go.id/
Jawab : Sementara ini kegunaan untuk OPS Dapodik PAUD DIkmas untuk melakukan perbaikan kesalahan data sekolah seperti salah Alamat Lemabaga dan SK Ijin Operasioanal dan SK Ijin Pendirian.

Demikian Rangkuman Permasalahan dan Jawaban Dapodik PAUD DIKMAS Semester Ganjil, mudah-mudahan di Semester Genap ini kita sudah mempunyai bekal dari pengalaman-pengalaman pada semester sebelumnya. Jika informasi ini bermanfaat silahkan sebarkan ke teman-teman OPS seperjuangan, dan jangan lupa tinggalkan komentarnya. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar